Komunitas Pengaruhi Hidup Sehat

oleh -101 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Jakarta – Pentingnya peran komunitas dalam membiasakan pola hidup sehat. Seperti apa?

Hal tersebut ditegaskan Roby Muhamad PH.D, Sosiolog dari Universitas Indonesia.

“Dalam pengambilan keputusan termasuk penerapan pola hidup sehat, individu dipengaruhi kuat oleh microenvironment di mana ia berada dan dengan siapa ia bergaul = seperti keluarga, sekolah, tempat kerja dan tempat tinggal. Karakter yg terbentuk pada microenvironment ini dipengaruhi pula oleh macroenvironment berupa sistem edukasi, kebijakan pemerintah, perkembangan industri, teknologi, dan lain-Iain,” kata Roby Muhamad PH.D, Sosiolog dari Universitas Indonesia, Jakarta, Selasa, (07/01/2020).

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara menanamkan nilai baik seperti pola hidup sehat dalam suatu lingkup sosiai agar menyebar luas?

Riset para ilmuwan di MIT memperlihatkan komunitas berperan sebagai pemantik semangat dalam pengadopsian gaya hidup dan perilaku sehat di tengah masyarakat.

“Akan sangat sulit menerapkan pola hidup sehat, saat kami berada di lingkungan yg tak sehat. Karenanya, komitmen yg dikerjakan bersama melalui komunitas, menjadi cara efektif dalam proses menanamkan kebiasaan gaya hidup sehat,” tambahnya.

Masih menurutnya, agar penularan sosial atau difusi sosial dalam perilaku sehat bisa terjadi, yg juga perlu dikerjakan adalah dengan membidik secara spesifik banyak komunitas dengan segmen yg berbeda-beda, misal komunitas berdasarkan tempat tinggal, tempat kerja, hobi, profesi dan lain-lain.

Sehingga penyebaran pemahaman dan kebiasaan hidup sehat mampu meluas hingga membentuk masyarakat yg lebih sehat.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca