Kenali Gejala Awal Kanker Ginjal

oleh -111 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Jakarta – Kanker memang salah sesuatu momok bagi masyarakat kita. Hampir segala organ pada tubuh mampu berubah menjadi kanker.

Termasuk juga kanker ginjal. Adapun macam terbanyak pada kanker ginjal adalah adenokarsinoma yg berkembang pada parenkim ginjal kadang disebut sebagai kanker sel ginjal.

“Sama seperti pada kanker usus yg umumnya juga berasal dari adenokarsinoma,” kata Prof Ari Fahrial Syam, Akademisi dan Praktisi klinis, seperti yg dikutip dari siaran pers, Jakarta, Selasa, (17/12/2019).

Sama seperti penyakit kanker yg yang lain awal penyakit kanker ginjal tak jelas. Pasien dengan kanker ginjal dapat saja diawal tiba dengan BAK (Buang Air Kecil) yg keruh atau seperti air cucian daging.

“Sekali lagi, BAK keruh tak terus karena kanker ginjal. Pemeriksaan urin mulai menemukan bahwa memang didapat sel darah merah atau eritrosit pada urin atau kencing orang tersebut,” tambah Ari.

Akibat adanya darah pada BAK pasien juga dapat mengalami pucat atau anemis. Pemeriksaan laboratorium dapat menemukan adanya hemoglobin yg turun dibawah nilai normal.

“Selain itu pasien mampu juga merasakan sakit pada pinggang atau bahkan merasakan ada benjolan pada perut tengah kanan atau kiri. Pemeriksaan fisik dokter mulai menduga bahwa sudah terjadi pembengkakan pada ginjal,” tambahnya.

Pemeriksaan USG abdomen mulai menemukan adanya tumor pada ginjal. Pemeriksaan CT scan abdomen mulai lebih mengarahkan adanya kanker ginjal bahkan penyebaran yg telah terjadi.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca