Kenal Lebih Dekat Dengan Pneumonia

oleh -181 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Jakarta – Pneumonia adalah infeksi atau peradangan akut pada parenkim atau jaringan paru yg diakibatkan bakteri, virus, jamur atau parasit.

Pneumonia bisa menyerang siapa saja, baik anak, dewasa muda atau orang tua. Pneumonia menyerang manusia dan sekitar 450 juta masalah tiap tahunnya. Pneumonia dibagi menjadi 3 merupakan community acquired pneumonia (CAP) atau pneumonia komunitas, hospital acquired pneumonia (HAP) dan ventilator associated pneumonia (VAP).

Pneumonia yg kadang terjadi dan bersifat serius adalah pneumonia komunitas, berkaitan dengan penyebab kematian dan kesakitan terbaNyak di dunia. Angka kematian sekitar 1.4 juta pertahunnya secara global (7 persen penyebab kematian di dunia). Angka kematian terbanyak pada usia anak-anak dan orang tua (lebih dari 75 tahun).

Angka kejadian pneumonia lebih kadang terjadi pada negara berkembang dibandingkan negara maju.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

“Di Indonesia pada tahun 2010, pneumonia termasuk dalam 10 besar penyakit rawat inap di rumah sakit dengan proporsi masalah 53, 95 persen bagi laki-laki dan 46.05 persen buat perempuan, dengan crude fatality rate (CFR) 7,6 persen, paling tinggi bila dibandingkan penyakit lainnya,” kata Anggota Pokja Infeksi Non Tuberkulosis Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), DR. dr. Erlina Burhan,Sp.P(K), dokter spesialis Paru di RS. PERSAHABATAN, pada acara World Pneumonia 2018, di kantor PDPI di Jakarta, Selasa (12/11/2018).

Berdasarkan data RISKESDAS 2018 prevalensi pneumonia berdasarkan diagnosis tenaga kesehatan (nakes) adalah sekitar 2 persen sedangkan pada tahun 2013 adalah 1, 8 persen.

Penyebab pneumonia komunitas terbanyak di Indonesia adalah kuman Gram negatif merupakan Klebsiella pneumoniae, Acinetobacter baumanii, Pseudomonas aeruginosa sedangkan penyebab pneumonia komunitas di negara lainnya adalah Gram positif merupakan Streptococcus pneumoniae, Mycoplasma pneumonia, Haemophilus influenza dll. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca