Jangan Sepelekan Bau Badan, Ada Bahaya Kesehatan Mengintai Di Baliknya

oleh -255 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Setiap orang pasti memiliki bau badannya masing-masing. Bau badan ini biasanya muncul saat keringat bercampur dengan bakteri atau karena pengaruh makanan yg dikonsumsi.

BERITA TERKAIT

    Nah, selain fakta tersebut, ternyata bau badan seseorang pun mampu membicarakan keadaan kesehatannya. Menurut sebuah penelitian di Swedia seperti yg dilansir dari Boldsky, ada dua penyakit yg dapat dideteksi dari bau badan.

    Ini dia penjelasannya.

    Bau seperti buah
    Bau badan yg menyerupai buah ternyata menjadi gejala dari penyakit diabetes, khususnya diabetes ketoacidosis. Jenis diabetes ini terjadi ketika tubuh kekurangan insulin dan gula darah melonjak naik. Akibatnya tubuh tak mampu berfungsi dengan baik, termasuk memecah asam lemak. Asam lemak yg disebut ketones pun menumpuk dalam darah. Dan salah sesuatu macam asam yg disebut aseton mulai meninggalkan jejak bau atau aroma seperti buah.

    Bau seperti kaki
    Bau badan seperti kaki ternyata memang terjadi ketika kulit kakimu berjamur dan gatal hingga kemudian kulit kaki jadi lecet dan mengeluarkan bau busuk. Baunya pun menguar hingga menjadi bau badan.

    Bau seperti kotoran
    Intoleransi laktosa ternyata dapat mengubah aroma keringat jadi berbau seperti kotoran. Sebab saat usus kecil tak menghasilkan cukup enzim yg disebut laktase buat mencerna laktosa di dalam produk susu, usus kecil mulai mengarahkan laktosa segera ke usus besarmu, bukan ke aliran darah, dimana bakteri usus memfermentasinya. Hal inilah yg kemudian menyebabkan keringat bau busuk.

    Bau seperti urin
    Penyakit infeksi saluran kemih (ISK) ternyata mampu membuat keringat jadi berbau urin. Penyakit ISK sendiri disebabkan karena bakteri E.coli masuk ke saluran kemih dan uretramu.

    Selain bau keringat, ada pula dua aroma tertentu yg dikeluarkan oleh organ tubuh yg juga menjadi gejala dari suatu penyakit. Seperti:

    Bau mulut
    Sleep apnea adalah gangguan tidur yg dapat membuat napas bau. Sebbanya ketika kamu mengalami sleep apnea, kamu mulai cenderung mendengkur secara berlebih yg membuat mulut kering. Dan ketika mulutmu kering, maka bakteri mulai berkembang biak dan menghasilkan bau mulut.

    Selain karena sleep apnea, bau mulut terus-menerus mengindikasikan bahwa kamu kurang menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan benar. Akibatnya bakteri mulai berkembang biak di mulut yg menyebabkan gigi berlubang, penyakit gusi, hingga infeksi sinus.

    Bau amis dari vagina
    Setiap wanita memiliki aroma vagina yg berbeda-beda. Namun seandainya muncul aroma amis dari vaginamu secara tetap, hal ini memperlihatkan adanya vaginosis bakteri atau pertumbuhan bakteri berlebih di vagina. Segera konsultasikan dengan dokter bagi mendapatkan penanganan lebih lanjut.

    Wah, ternyata aroma tubuh tertentu dapat menjadi indikator awal dari munculnya sebuah penyakit ya. Oleh karena itu jangan sepelekan bau badanmu yg kemungkinan aromanya cukup mengganggu sebab siapa tahu ada suatu penyakit yg menyerang tubuhmu diam-diam. [feb]

    Sumber: http://www.merdeka.com
    BanyumasRaya.com

    Komentar Pembaca