Ini Cara Deteksi Penderita Diabetes

oleh -87 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Jakarta – Untuk menjaring penderita diabetes yg belum terdiagnosis, Dr. Widyastuti, MKM, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Propinsi DKI Jakarta, membuat program Dasa Wisma.

Satu petugas kesehatan bertanggungjawab pada 10 rumah tangga sehingga setiap ada warga yg prediabetes atau memiliki diabetes, bisa dipantau.

Sementara itu, Dr. Wiendra Woworuntu, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, program Cities Changing Diabetes sejalan dengan program Kementerian Kesehatan RI, yakni dalam mengubah gaya hidup tak sehat. Tiga anjuran yg terus dikampanyekan oleh Kemenes dalam rangka mencegah penyakit kronis seperti diabetes adalah melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, perbanyak makan buah dan sayur, dan cek kesehatan secara teratur.

“Cek kesehatan dapat dikerjakan di Puskesmas dan Posbindu, tak harus mahal,” jelas Wiendra, Jakarta, Minggu, (09/12/2018).

Saat ini ada 500 Posbindu di Puskesmas 44 Kecamatan dan puskesmas kelurahan di semua DKI. Ditambahkan dr. Dicky, tingginya angka diabetes di Jakarta selain karena memang pola hidup tak sehat mayoritas penduduknya juga karena deteksi dini diabetes telah bagus di Puskesmas di Jakarta.

Sayangnya, cuma 30 persen pasien yg terkontrol. Penyebabnya mampu dari faktor dokter, atau masyarakat yg malas kontrol rutin.

“Memang tantangan yg paling susah adalah mengubah gaya hidup meski pasien telah minum obat teratur,” tambahnya.

Jakarta diharapkan menjadi percontohan bagi daerah yang lain di Indonesia dalam penanggulangan diabetes. Saat ini Indonesia menempati posisi ke-6 di dunia negara dengan jumlah penderita diabetes tertinggi. Jika tak dikerjakan intervensi sejak sekarang maka dalam 20-30 tahun ke depan, mulai didominasi penduduk yg sakit dan tak produktif. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca