Identik Dengan Dunia Mistis, Daun Kelor Tenyata Kaya Gizi

oleh -493 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Sebagian kelompok masyarakat Indonesia mengenal daun kelor berkaitan dengan hal-hal berbau mistis. Salah satunya, tanaman pengusir setan.

Konon, saat seseorang yg milik ilmu sakti meninggal, jasadnya mulai dimandikan kemudian dibersihkan memakai daun kelor. Cara ini agar bersih dari semua makhluk gaib dan benda mistis yg masih menempel pada jasadnya.

Walaupun kepercayaan mistis terhadap daun kelor merebak di masyarakat, daun kelor kaya gizi. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkap, konsumsi daun kelor menolong perkembangan tubuh dan menjadi bahan obat tradisional yg mengobati berbagai penyakit.

Program Manager Pencerah Nusantara, Siska Verawati mengatakan, daun kelor tumbuh subur di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Masyarakat memanfaatkan daun kelor sebagai bahan makanan sehari. Namun, makanan daun kelor awalnya kurang variatif.

“Daun kelor potensi gizinya itu baik, tetapi masyarakat di sana kurang variatif membuat masakan dari daun kelor. Jadi, kita (tim Pencerah Nusantara) berupaya melakukan variasi makanan dari daun kelor,” kata Siska dalam acara Pencerah Nusantara: Pemuda di Garda Terdepan Kesehatan buat Mencapai SDGsdi Tjikini Lima Restaurant & Cafe, Menteng, Jakarta.

Variasi makanan dari daun kelor

Dalam upaya membuat variasi makanan dari daun kelor, tim Pencerah Nusantara menggandeng posyandu. Program revitalisasi posyandu melatih para kader membuat nugget kelor dan mi kelor.

Semua bahan dari daun kelor. Adanya program juga yaitu bentuk pelestarian daun kelor. Tanaman daun kelor dilestarikan.

“Jadi variasi makanan dari daun kelor ini seperti nugget kelor dan mi kelor. Potensinya juga tinggi gizi bagi anak-anak,” ujar Siska.

Yang tidak kalah menarik, masyarakat Sumbawa Barat juga wajib menanam daun kelor di rumah masing-masing. Hal ini sebagai bentuk pelestarian terhadap daun kelor.

Reporter:Fitri Haryanti Harsono

Sumber: Liputan6.com [ita]

Sumber: http://www.merdeka.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca