BJ Habibie Disebut Mengalami Kebocoran Klep Jantung, Apa Itu?

oleh -181 Dilihat

Banyumas Raya

Jakarta, Kondisi kesehatan Presiden ke-3 RI BJ Habibie tengah menurun. Ia ketika ini tengah mendapat perawatan di salah sesuatu rumah sakit di Munchen, Jerman.

Sekretaris pribadi Habibie, Rubijanto, menyampaikan tim dokter ketika ini tengah melakukan observasi terhadap kesehatan Habibie. Diduga ada kebocoran pada klep jantung yg pernah dipasang.

Masih observasi. Sedang diperiksa oleh tim dokter di sana. Nanti mulai diupdate karena kan perbedaan waktu 6 jam dengan di Jerman,” ujar Rubijanto, Sabtu (3/3/2018) kemarin.

Baca juga: Kondisi Kesehatan Menurun, BJ Habibie Dirawat di Munchen

Apa itu penyakit kebocoran klep jantung? Situs Mayo Clinic menyebut kebocoran klep jantung yaitu keadaan di mana klep jantung tak berfungsi dengan baik, tak menutup dan tak kembali seperti semula.

Gangguan ini membuat darah sulit mengalir ke ruangan (bilik jantung) atau pembuluh darah seharusnya. Darah yg seharusnya mengalir ke pembuluh darah dapat berbalik kembali ke dalam jantung. Akibatnya, jumlah darah yg dialirkan ke tubuh mulai berkurang.

“Kondisi ini menyebabkan pasien gampang lemah dan lemas, kadang merasa lelah, nyeri dada, dan juga gampang ngos-ngosan serta kehabisan napas,” tulis Mayo Clinic.

Gejala kebocoran klep jantung biasanya tak terlihat. Namun seandainya kebocoran terjadi di lebih dari sesuatu klep jantung, maka ada dua gejala yg dapat timbul antara lain:

– Bunyi detak jantung yg abnormal
– Dyspnea atau kesulitan bernapas saat berbaring
– Rasa lemas
– Kaki yg bengkak

Baca juga: Istana Utus Dokter Kepresidenan bagi Pantau Kesehatan BJ Habibie

(mrs/fds)
Sumber: http://health.detik.com
BanyumasRaya.com

No More Posts Available.

No more pages to load.