Banyak Faktor Penyebab Penyakit Maag

oleh -397 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Jakarta – Penyakit maag mampu disebabkan karena banyaknya keluhan. Apa saja?

Menurut dr. Dharmika Djojoningrat,Sp.PD,K-GEH dari rumah sakit Tebet, ada dua keluhan yg biasa dirasakan oleh pasien. Mulai dari sendawa, perut kembung, cepat kenyak, dan bunyi – bunyi di perut. Hal ini dapat timbul dari dalam lambung, ada radang, kemudian polip, tomur, gangguan pada empendu, pankreas, dan liver.

“Penyakit gagal ginjal kronik juga dapat menimbulkan keluhan pada lambung. Bisa dengan rasa mual, rasa tak enak di ulu hati, dan terjadi gangguan lambung,” papar Dharmika ketika ditemui di acara ulang tahun Rumah Sakit Tebet, Jakarta, Selasa, (10/04/2018).

Masih menurutnya, penderita penyakit diabetes kerap mengalami keluhan tersebut. Hal ini mampu segera dikonsultasikan kepada dokter. Jika pasien mengalami sakit atau mual yg berulang selama beberapa pekan dn tak merasa sembuh saat mengkonsumsi obat.

“Kalau lebih 2 pekan merasa nyeri ulu hati, mual, dengan obat tak sembuh, ini harus menjadi pemeriksaan. Kalau ada maag selalu mengalami penurunan berat badan. Muntah darah, ini harus dikerjakan pemeriksaan. Bisa dengan endoskopi. Untuk mendapatkan penyebab penyakit dapat terlihat,” tambahnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca