Awas, Ingatan Bisa Tumpul Karena Kebanyakan Duduk!

oleh -279 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Dengan berbagai teknologi yg mempermudah hidup, orang yg hidup di era modern ini makin jarang bergerak. Merekapun terjebak dalam pola hidup sedentary.

BERITA TERKAIT
  • 4 langkah usir kecoak selamanya dari rumah Anda!
  • 15 mitos kesehatan yg banyak dipercaya orang (2)
  • 15 mitos kesehatan yg banyak dipercaya orang (1)

Salah sesuatu indikasi pola hidup sedentary ini adalah menghabiskan waktu lebih banyak bagi duduk. Tidak hanya di kantor, ketika akhir minggu pun banyak orang yg lebih memilih buat bersantai di sofa sambil maraton nonton serial kesayangan.

Anda mengalaminya juga? Waspadalah!

Selama bertahun-tahun para dokter dan ilmuwan sudah memperingatkan, duduk terlalu lama milik banyak efek buruk untuk kesehatan. Namun, studi baru yg diterbitkan dalam jurnal PLOS One mengungkap, duduk terlalu lama mampu mengubah area otak yg vital buat ingatan.

Dalam studi terbaru soal efek duduk ini, para peneliti mempelajari kesehatan otak dari 35 orang yg berusia antara 45 – 75. Orang-orang ini diminta menjawab pertanyaan seputar tingkat keaktifan mereka. Termasuk, seberapa banyak mereka duduk, berjalan, atau berolahraga setiap hari.

Lalu, partisipan menjalani pemindaian Magnetic Resonance Imaging (MRI) agar para peneliti dapat melihat area temporal lobe di otak masing-masing orang tadi. Area ini menolong membentuk memori baru.

Tim peneliti menemukan pola antara duduk, tingkat keaktifan, dan ketebalan otak. Mereka menyimpulkan, orang-orang yg duduk lebih lama, lebih mungkin memiliki temporal lobe yg tipis.

Sumber: http://www.merdeka.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca