Alasan Mengapa Ibu Sering Mengompol Pasca Melahirkan

oleh -236 Dilihat

Banyumas Raya

Ibu yg habis melahirkan biasanya mulai kadang kali mengompol. Menurut ahli hai ini memang wajar terjadi. Berikut adalah alasannya.

BERITA TERKAIT
  • Tradisi mistis di India menewaskan 11 orang secara mengenaskan
  • Panggil Ical, KPK usut korupsi e-KTP mengalir ke Rapimnas Golkar di Bali
  • Fakta-fakta mencengangkan dari komplotan penjambret Dirjen PUPR

Fisioterapis Senior dari Departemen Rehabiliasi di Rumah Sakit Anak dan Wanita KK yg yaitu anggota kelompok Singapore Health, Caroline Chua, mengatakan, keadaan yg membuat pasien sulit mengontrol buang air kecil ini disebabkan oleh melemahnya otot dasar panggul yg dimulai sejak ditemukan tanda-tanda kehamilan.

ilustrasi ibu hamil livescienceglobal.com

Menurut Caroline, melemahnya otot panggul ini terjadi ketika melahirkan atau di ketika perempuan mengalami kenaikan berat badan. “Inkontinensia urine dapat juga disebabkan oleh perubahan sistem hormonal perempuan selama hamil dan menopause,” kata Caroline dikutip dari situs Health XChange Singapore pada Sabtu, 30 Juni 2018.

Dengan demikian, perempuan yg sehabis melahirkan harus mempertahankan dasar panggul yg kuat guna mencegah inkontinensia urine tersebut. “Bisa juga dicegah dengan melakukan latihan dasar panggul atau latihan kegel,” kata Caroline.

Gunanya otot dasar panggul

Otot-otot dasar panggul ini memang tak bisa dilihat tetapi bisa dirasakan. Dasar panggul sendiri adalah gendongan otot di bagian bawah tulang panggul. Otot ini mendukung organ panggul dan memiliki fungsi dalam mengendalikan kandung kemih dan usus.

“Otot dasar panggul juga terlibat dalam meningkatkan fungsi seksual,” ujarnya

Otot dasar panggul wanita memang mulai sedikit melemah dan tak berfungsi secara maksimal pasca persalinan. Namun hal ini dapat dicegah dengan melakukan latihan rutin pada masa kehamilan, misalnya dengan latihan kegel.

Sumber: Liputan6.com [mg2]

Sumber: http://www.merdeka.com
BanyumasRaya.com

No More Posts Available.

No more pages to load.