Aktivitas Fisik Mudah Dilakukan Dimana Saja

oleh -63 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Jakarta – Setiap orang harus dapat menyisihkan waktu buat berolahraga. Hal ini sangat terkait dengan kelangsungan kesehatan di masa depan.

Menurut dr. Michael Triangto, SpKO, meski disibukkan dengan rutinitas sehari-hari, sesungguhnya aktivitas fisik mampu dikerjakan dengan gampang di rumah, di tempat kerja, maupun di tempat umum.

“Contoh mudahnya adalah memilih memakai tangga dari pada lift, serta mengikuti kegiatan senam di kantor. Meski begitu, aktivitas fisik harus dikerjakan dengan prinsip BBTT (Baik, Benar, Terukur, dan Teratur),” kata dr. Michael Triangto, SpKO, Jakarta, Jumat, (07/12/2018).

BBTT tersebut meliputi, baik merupakan aktivitas fisik disesuaikan dengan keadaan fisik dan lingkungan. Benar merupakan aktivitas fisik dikerjakan secara bertahap akan dari pemanasan, latihan inti, dan pendinginan. Terukur merupakan aktivitas fisik dikerjakan dengan mengukur intensitas dan waktu latihan.

“Teratur merupakan aktivitas fisik dikerjakan teratur 3 hingga 5 kali dalam seminggu,” tambahnya.

Ada pun manfaat aktivitas fisik buat kesehatan adalah meningkatkan kebugaran jasmani, mempertahankan berat badan ideal dan mencegah kegemukan, mengurangi risiko berbagai penyakit tak menular seperti tekanan darah tinggi, jantung koroner, diabetes, dll.

“Kemudian mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit infeksi, mengurangi stres, meningkatkan produktivitas kerja, meningkatkan rasa yakin diri, dan membangun rasa sportifitas dan kesetiakawanan sosial,” ujarnya. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca