9 Alasan Yang Bikin Lidahmu Tiba-tiba Tak Bisa Merasakan Lezatnya Masakan

oleh -129 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Kehilangan kemampuan bagi merasakan lezatnya masakan biasanya terjadi saat kamu sedang sakit. Umumnya, karena lidah yg pahit.

BERITA TERKAIT
  • 4 Ancaman kesehatan yg terjadi ketika kamu tidak membersihkan lidah
  • Jangan lupa mengingat 1 hal ini sebelum lakukan piercing di lidah!
  • 7 Cara lidah beritahukan keadaan kesehatan tubuh

Nah, bagaimana dengan keadaan lidah yg tiba-tiba tidak mampu merasakan masakan dan diiringi dengan gangguan penciuman? Well, keadaan ini dinamakan dengan hypogeusia atau hilangnya kemampuan panca indera buat mencicipi makanan. Dan berikut adalah dua faktor yg jadi penyebabnya.

Sindrom mulut terbakar
Sindrom mulut terbakar atau yg mempunyai nama yang lain yakni Burning mouth syndrome (BMS) tidak jarang dialami oleh wanita pasca menopause. Seperti namanya, penderita mulai mengalami sensasi seperti terbakar yg berlangsung secara konstan di lidah, gusi, bibir, dan bahkan bagian dalam mulut. Penderita juga merasakan rasa pahit atau sensasi logam di mulut.

Cedera kepala
Cedera kepala yg menyebabkan trauma di daerah sistem saraf pusat mulai membuatmu kehilangan kemampuan bagi merasakan makanan.

Kekurangan vitamin B
Penelitian sudah menemukan bahwa kekurangan vitamin B12 mulai menghilangkan kemampuan buat merasakan dan mencium aroma makanan.

Diabetes
Hilangnya kemampuan bagi merasakan makanan biasanya juga terjadi karena diabetes dan kadang mengenai mereka dengan usia di atas 50 tahun.

Penuaan
Penuaan ternyata dapat menghilangkan kemampuan bagi merasakan masakan karena terjadinya perubahan dalam membran sel.

Sindrom Sjgren
Sindrom Sjgren adalah penyakit autoimun ditandai dengan mulut kering, mata kering, dan nyeri otot. Semuanya ini mampu menyebabkan hilangnya kemampuan merasakan makanan.

Hypothyroidism
Kebalikan dari hyperthyroidism, gangguan ini terjadi akibat kurang aktifnya hormon tiroid. Selain gangguan metabolisme, hypothyroidism juga membuat indera perasa kurang aktif.

Infeksi saluran pernapasan atas
Infeksi saluran pernapasan biasanya juga disertai dengan datangnya demam. Hasilnya, lidah terasa pahit dan membuat makanan terasa hambar. Sinusitis, bronkitis, dan laringitis adalah dua contoh dari penyakit infeksi saluran pernapasan atas.

Buruknya kesehatan mulut
Kesehatan yg tak terjaga juga dapat menyebabkan peradangan dan infeksi. Akibatnya lidah mampu kering dan makanan terasa hambar saat dimakan. [feb]

Sumber: http://www.merdeka.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca