7 Tanda Bahwa Jantungmu Sehat Bebas Penyakit

oleh -230 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Jantung adalah organ vital tubuh. Sehingga setiap perubahan atau gangguan yg terjadi di dalamnya wajib kamu waspadai. Nyeri dada, sesak napas, dan kelelahan mengindikasikan bahwa jantung sedang berada dalam masalah.

BERITA TERKAIT
  • 5 Jenis biji-bijian yg harus kamu makan bagi menjaga kesehatan jantung
  • Kunyah-kunyah keju tiap hari buat hindari penyakit jantung
  • Mulai lakukan 5 hal ini ketika tekanan darahmu melemah

Nah, dulu bagaimana dengan jantung yg sehat? Seperti apakah ciri-cirinya? Dr Santosh Kumar Dora dari Cardiac Electro Physiologist, Asian Heart Institute, Mumbai menjelaskannya.

  1. Ketika kamu terus merasa penuh energi dan beraktivitas seharian tanpa terasa berat atau gampang lelah, ini pertanda bahwa jantungmu bekerja dengan baik.
  2. Salah sesuatu tanda umum dari lemahnya jantung adalah sulitnya bernapas, bahkan setelah kamu berjalan dua menit atau menaiki tangga. Namun saat kamu dapat melakukan aktivitas tersebut dan nafasmu tidak tersengal-sengal, jantungmu berfungsi normal.
  3. Tanda yang lain dari sehatnya jantung adalah terjadi 72 denyut per menit (atau antara 70-80 denyut per menit).
  4. Jika kamu tak tidak jarang mengalami sesak di sekitar dada atau nyeri dada, ini pertanda bahwa jantungmu bekerja secara sehat.
  5. Tanda jantung sehat juga dapat kelihatan dari pemeriksaan rutin jantung, termasuk kolesterol, tekanan darah, atau laporan ECG. Jika angkanya masuk dalam kategori normal, maka kamu tidak perlu khawatir.
  6. Apakah berat badanmu termasuk normal? Jika ya, hal tersebut juga termasuk pertanda bahwa jantungmu normal.
  7. Tanda terakhir adalah ketika kamu mampu melakukan aktivitas fisik tanpa timbul rasa tak nyaman, sakit, atau adanya tekanan di dada, jangan khawatir. Sebab hal ini pertanda bahwa jantungmu baik-baik saja.
  8. [feb]

Sumber: http://www.merdeka.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca