Demi Hidupkan UMKM, M Taufik Sebut Warga Boleh Buka Warung Di Pemukiman

oleh -218 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhamad Taufik membela Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno seandainya kebijakan keduanya dikritik. Bahkan ketika rencana Sandiaga Uno memperbolehan tempat tinggal dijadikan tempat usaha dengan merevisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi (RDTR dan PZ).

BERITA TERKAIT
  • Upaya Anies selamatkan pajak DKI dari uang ‘haram’ usaha hiburan
  • Wakil Ketua DPRD DKI sebut Anies sebagai Gubernurnya rakyat miskin
  • Anies dilaporkan polisi, fraksi PDIP DKI sebut langkah tepat

Taufik menyampaikan hal tersebut tak perlu dipersoalkan karena kebijakan ini menghidupkan UMKM di Jakarta. Dan yg patut dimasalahkan kata dia yakni terkait izin-izin minimarket yg ada di Jakarta, yg menurut banyak melanggar perizinan.

“Begini, kenapa enggak minimarket diprotes? Minimarket itu gerainya melanggar, kenapa? Kalau mau ngomong dia berada di permukiman. Masa giliran rakyat mau buka warung di rumahnya saja mesti nyewa ruko? Rumahnya saja tak seharga ruko, bagaimana mampu usaha,” jelas dia di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (23/2)

Kata dia, Anies-Sandiaga pasti mulai langsung merevisi Perda tersebut. Sehingga warga mampu dipermudah izin menjadikan tempat tinggal menjadi tempat usaha, sesuai janji Anies-Sandiaga yg mengedepankan rakyat kecil.

“Itu kan warungnya rakyat ya, kemarinkan minta supaya masyarakat mampu usaha ya di rumahnya ya itu diperlunak bagi proses izin warung rumahan,” ujarnya.

Kata yg harusnya diprotes adalah supermarket yg berdiri di permukiman warga, karena itu perlahan membunuh pengusaha kecil. Dan dengan cara memberi izin berusaha di rumah ini mulai meningkatkan pendapatan warga.

“Jadi warung rumahan itu kan sementata habis nih, habis lah, kenapa? Karena orang kalian kalau beli kontan ke alfamart, alfamidi, giliran ngutang ke warung rumahan. Saya kira ini dengan dimudahkan warung rumahan itukan menghidupkan penambahan income.” [ded]

Sumber: http://www.merdeka.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca