Debat Kedua Tanpa Cawapres, Apa Dampaknya Bagi Performa Capres?

oleh -118 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

JAKARTA, – Pengamat politik dari The Habibie Center Bawono Kumoro memprediksi debat kandidat kedua pilpres 2019 yg mulai digelar pada Minggu (17/2/2019), mulai berbeda dari debat edisi perdana.

Sebab, kali ini calon presiden tampil sendirian tanpa didampingi oleh calon wakil presidennya.

Bawono menilai, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dapat jadi mulai lebih kesulitan dalam menjawab pertanyaan dari lawan atau pun moderator.

Sebab, pada debat perdana Januari lalu, Sandiaga cukup banyak tampil bagi menolong Prabowo.

“Di debat perdana dulu harus diakui penampilan Sandiaga Uno cakap sehingga mampu mengerem Prabowo buat tak melakukan blunder berarti dan terpancing emosi terlalu jauh,” kata Bawono kepada , Jumat (15/2/2019).

Baca juga: Timses Jokowi: Prabowo Kembali Menakut-nakuti dan Buat Data Bohong

Bawono mengatakan, Sandiaga pada debat pertama dahulu tidak cuma menolong Prabowo dengan menjawab sejumlah pertanyaan dari moderator dan lawan.

Ia juga bahkan sampai memijat pundak Prabowo ketika ketua umum Partai Gerinda itu mendapat pertanyaan yg sulit terkait caleg eks koruptor.

“Aksi Sandiaga Uno itu salah sesuatu contoh cara Sandiaga Uno menahan Prabowo buat tak bersikap emosional dalam merespons lontaran-lontaran disampaikan oleh petahana. Bisakah Prabowo bersikap demikian kembali di debat kedua mendatang saat tak ada Sandiaga Uno di samping dia,” kata Bawono.

Baca juga: Gerilya Politik Prabowo ke Basis Pendukung Jokowi

Sementara itu, Bawono menilai, penampilan calon presiden nomor urut 01 Jokowi tak mulai banyak terpengaruh dengan absennya Ma'ruf Amin.

Sebab, pada debat perdana lalu, Ma'ruf Amin juga tak banyak menolong Jokowi dalam menjawab pertanyaan.

Oleh karena itu, ia memprediksi Jokowi mulai tampil layaknya pada debat pertama lalu.

“Tidak mulai berbeda karena memang KH Maruf Amin dalam debat perdana dulu juga tak seaktif Sandiaga Uno cawapres Prabowo,” kata Bawono.

Baca juga: TKN: Jateng Dikejar Prabowo-Sandi, Jabar Ditinggal, Ya Sudah Kami Rebut…

Debat kedua mulai mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Debat mulai diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta.

Kali ini, KPU mengatur format debat cuma diikuti calon presiden saja. Kendati demikian, cawapres tetap diundang buat hadir di arena debat.

Komisioner KPU Ilham Saputra berharap Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno tetap hadir dalam debat kedua sebagai tamu.

“Iya, kita mulai undang cawapres. Cawapres kalian harap mampu hadirlah,” kata Komisioner KPU Ilham Saputra di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/2/2019).

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112'); });

Sumber: http://nasional.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca