Beredar Skenario Pembukaan Kegiatan Industri dan Bisnis di Juni, Benarkah?

oleh -123 views
Cloud Hosting Indonesia

Pemerintah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan laju penyebaran Virus Corona (Covid-19) di sejumlah daerah. Termasuk menyangkut kegiatan ekonomi yang beroperasi dengan pembatasan dan aturan ketat tertentu.

Di tengah kondisi ini, beredar infografis berjudul Pemulihan Ekonomi akan Dilakukan Indonesia secara Bertahap. Infografis tersebut menggambarkan fase-fase pembukaan kegiatan bisnis dan industri yang dimulai pada 1 Juni hingga Juli 2020.

Dalam slide tersebut tertulis jika itu merupakan pernyataan yang mengatasnamakan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. Dikatakan jika itu disampaikan Menko Airlangga di acara Persatuan Insinyur Indonesia (PII) pada 6 Mei 2020.

Adapun, infografis yang beredar berisi skenario pembukaan industri, toko, pusat perbelanjaan hingga kegiatan ekonomi secara keseluruhan.

Namun saat dikonfirmasi, pihak Kemenkoperekonomian belum memberikan responsnya. Sedangkan berdasarkan sumber, itu merupakan skenario yang dibuat jika kegiatan bisnis dan industri dibuka kembali.

Skenario tersebut dirinci menjadi 5 fase, yakni:

Fase 1 (1 Juni)

– Industri dan jasa dapat beroperasi dengan protokol kesehatan Covid-19

– Mall belum boleh beroperasi, kecuali toko penjual masker dan fasilitas kesehatan

Fase 2 (8 Juni)

– Mall boleh beroperasi seperti semula (toko-toko boleh buka), namun dengan protokol kesehatan Covid-19

– Toko atau usaha yang berpotensi terjadi kontak fisik (salon, spa, dan lainnya) belum boleh beroperasi

Fase 3 (15 Juni)

– Mall tetap beroperasi seperti fase 2, namun ada evaluasi pembukaan salon, spa, dan lainnya. Tetap dengan protokol kesehatan Covid-19

– Sekolah dibuka namun dengan sistem shift

Fase 4 (6 Juli)

– Evaluasi pembukaan kegiatan ekonomi, mulai dari operasional restoran, cafe, gym, industri travel, hingga kegiatan ibadah diperbolehkan (dengan jumlah jamaah dibatasi)

Fase 5 (20 & 27 Juli)

– Evaluasi pembukaan kegiatan sosial dalam skala besar

– Akhir Juli atau awal Agustus 2020, diharapkan seluruh kegiatan ekonomi sudah dibuka

Komentar Pembaca