Wikipedia Tidak Tahu Rencana YouTube

oleh -139 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

YouTube mengumumkan strategi terbaru bagi melawan hoaks, yakni dengan menggandeng Wikipedia. Rencananya, video-video berbau konspirasi di YouTube bakal disisipkan tautan ke artikel Wikipedia yg berkaitan.

Dengan begitu, pengguna dapat memahami suatu isu dengan lebih mendalam, tidak hanya mengandalkan sumber dari YouTube saja. Pengumuman utama ini dilontarkan segera oleh CEO YouTube, Susan Wojcicki pada festival dan konferensi tahunan SXSW di Austin, Amerika Serikat.

Ironisnya, Wikipedia tidak tahu-menahu soal rencana tersebut. Wikimedia Foundation sebagai pelopor dari Wikipedia membuat pernyataan resmi soal pihaknya yg segera dilibatkan YouTube tanpa permisi.

“Kami tidak diberi tahu apa-apa soal pengumuman ini,” begitu disebutkan.

Baca juga: Lawan Hoax, YouTube Sertakan Link Wikipedia di Video

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-605665684349116116-411'); });

Lebih lanjut, Wikimedia menjelaskan YouTube tidak harus bermitra secara formal buat mengambil keterangan di Wikipedia. Pasalnya, semangat Wikipedia adalah saling berbagi ilmu secara cuma-cuma.

“Kami terus senang melihat orang, perusahaan, dan organisasi, melihat nilai Wikipedia sebagai tempat tidak mengurangi ilmu,” kata perwakilan Wikimedia.

Akan tetapi, setidaknya ada obrolan sebelum mengumumkan ke publik soal strategi YouTube memakai Wikipedia.

YouTube menamai fitur penyisipan konten Wikipedia sebagai “Information cues”. Fitur itu rencananya mulai akan dihadirkan di YouTube dalam dua bulan ke depan.

Platform video sharing itu terutama bakal menghadirkan tautan di video tentang konspirasi yg memang banyak beredar, misalnya soal pendaratan di bulan.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112'); });

Sumber: http://tekno.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca