Tiga Venture Capital Ini Gotong Royong Siapkan Investasi Seri B

oleh -115 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Sinar Mas Digital Ventures (SMDV), East Ventures, dan Yahoo Japan mengumumkan kolaborasinya. Tiga perusahaan ini membentuk EV Growth. EV Growth adalah modal ventura yg membidik perusahaan rintisan Asia Tenggara khususnya di Indonesia.

BERITA TERKAIT
  • Unicorn Indonesia paling banyak se-Asia Tenggara
  • Video: DANA, aplikasi dompet digital kelas dunia
  • Perkenalkan, DANA fintech baru negeri ini

Suntikan dana yg nantinya diberikan kepada startup yg masuk tahap growth. Jadi, EV Growth mulai memberikan investasi seri B ke atas.

EV Growth ini mulai akan aktif beroperasi di kuartal kedua tahun ini dan menargetkan pengumpulan pendanan sebesar USD150 juta. Sejauh ini, dari 3 perusahaan modal ventura itu telah terkumpul sebanyak USD 100 juta.

Menurut Wilson Cuaca, pelopor sekaligus Managing Partner East Ventures, target pengumpulan dana itu tak cuma boleh dikerjakan oleh 3 perusahaan saja. Artinya, kekurangan USD 50 juta dapat dibantu oleh perusahaan modal ventura yg tertarik bergabung.

“Ini pendanaan terbuka buat siapapun, bukan cuma dari kalian saja,” katanya saat acara kerja sama antara Sinar Mas, East Ventures, dan Yahoo Jepang di Jakarta, Kamis (22/3).

Nantinya, dalam pendanaan tahap pertama, EV Growth mulai melakukan investasi di perusahaan rintisan digital dengan nilai investasi awal di tiap perusahaan USD 5 juta. Total dana investasi yg disiapkan itu, dapat bagi memberikan pendanaan sekitar 15-20 startup.

“Kita mulai cari startup yg terbaik bagi kalian invest,” jelasnya.

Sekadar informasi, di tahun 2017, total pendaan yg mengalir ke perusahaan rintisan berbasis teknologi di Asia Tenggara mencapai USD 7,9 miliar. Jumlah itu meningkat empat kali lipat dari tahun 2015.

Singapura dan Indonesia mendominasi, di mana 71,2 persen dari total dana mengalir ke Singapura dan 22,1 persen masuk ke Indonesia. Meski demikian, dari semua investasi yg mengalir, cuma 8 persen jumlah pendanaan yg tersalurkan ke seri B ke atas.

“Itulah mengapa kalian bekerja sama,” terangnya. [idc]

Sumber: http://www.merdeka.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca