Terungkap, 2 Persen Pegawai Facebook Siap Ikut #DeleteFacebook

oleh -88 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Kasus pencurian data Facebook oleh firma analis Cambridge Analytica meruntuhkan kepercayaan para pengguna. Kampanye #DeleteFacebook pun menggema, di mana para pengguna berbondong-bondong menon-aktifkan akun mereka.

Bukan hanya dari kalangan masyarakat umum, para pekerja teknologi pun turut menggelorakan kampanye tersebut. Sebanyak 31 persen yg turut serta pada kampanye #DeleteFacebook adalah mereka yg bekerja di industri teknologi.

Bahkan, beberapa persen pegawai Facebook menetapkan sikap bagi menghapus akun Facebook mereka. Setidaknya begitu menurut survei yg digencarkan aplikasi “Blind”.

Sekitar 2.600 orang menjadi objek survei dari 20 hingga 28 Maret 2018. Secara berurutan, berikut urutan persentase pekerja teknologi yg hendak menghapus akun Facebook mereka, sebagaimana dihimpun Tekno, Sabtu (31/3/2018), dari BetaNews.

1. Microsoft (50 persen)
2. Snapchat (46 persen)
3. Uber (40 persen)
4. Google (38 persen)
5. Amazon (34 persen)
6. Facebook (2 persen)

Meski survei dari Blind tidak dapat menjadi satu-satunya indikator, tapi dapat menunjukkan gambaran besar bahwa kepercayaan para pekerja teknologi ke Facebook sedikit banyak ikut luntur.

Sebanyak 50 juta data personal pengguna Facebook dicuri dan disimpan Cambridge Analytica. Firma tersebut bekerja buat kampanye pemenangan Donald Trump pada Pilpres 2016 lalu.

Bukan hanya Cambridge Analytica, data pengguna Facebook juga ada dalam arsip Strategic Communications Laboratories (SCL). Keduanya adalah perusahaan yg berafiliasi.

Baca juga : Christopher Wylie, Mahasiswa Pengungkap Kebocoran Data Pengguna Facebook

Cambridge Analytica dan SCL diduga memperoleh data pengguna Facebook dari peneliti pihak ketiga bernama Aleksandr Kogan. Ia bekerja di Global Scicence Research dan kerap menghadirkan survei terkait kepribadian yg tersebar masif di Facebook.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mengakui kelalaian sistemnya. Ia meminta maaf lewat akun Facebook personalnya dan sesuatu halaman koran di dua media besar. Ia juga berjanji mulai memperbaiki sistem keamanan Facebook.

Baca juga : Zuckerberg: Penyembuhan Facebook Sangat Mahal dan Lama

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://tekno.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca