OS Masa Depan “Fuchsia” Dari Google Bisa Jalankan Aplikasi Android?

oleh -61 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Lama tidak terdengar, kabar tentang Fuchsia OS, proyek sistem operasi eksperimental Google bagi perangkat mobile, kembali muncul ke permukaan.

Kali ini, sebuah file “Readme” di situs developer Google menjelaskan bahwa aplikasi Android bakal mampu dibuka dan dijalankan di perangkat berbasis Fuchsia OS.

Perusahaan yg berbasis di Mountain View itu disinyalir bakal mengembangkan ART (Android Runtime) yg dirancang khusus bagi menjalankan aplikasi Android di sistem Fuchsia.

ART sejatinya yaitu suatu perangkat lunak buat para pengembang guna membuat aplikasi bikinannya berjalan di perangkat berbasis Android.

Baca Juga: Fuchsia Bakal Menggantikan Android, Ini Jawaban Google

Nantinya, pengguna yg memiliki perangkat Fuchsia OS, seperti ponsel, laptop, dan perangkat pintar lain, diprediksi mulai mampu memasang aplikasi yg dibuat lewat ART khusus tersebut sebagai aplikasi Android.

Belum jelas bagaimana aplikasi Android tersebut bakal berjalan di perangkat berbasis Fuchsia OS, apakah melalui emulator, virtual machine, atau interface lain.

Namun, kompatibilitas aplikasi Android yg yg dapat dijalankan di Fuchsia OS seharusnya  bakal mempermudah proses transisi dari Android ke sistem operasi mendatang tersebut, seandainya Fuchsia benar-benar dirilis.

Meski begitu, Fuchsia OS sendiri nasibnya masih menggantung dan tak diketahui secara pasti kapan calon penerus Android ini bakal dikomersilkan.

Dirangkum dari Tekno dari 9to5Google, Senin (7/1/2018), Fuchsia OS sempat disebut sebagai OS percobaan proyek open-source Google dan belum jelas nasibnya lantaran belum ada timeline penyelesaian.

Bahkan ada juga dugaan bahwa proyek Fuchsia hanyalah proyek “mainan” para pegawai senior Google agar mereka tetap sibuk dan tak berpindah ke perusahaan kompetitor.

Baca Juga: Sistem Operasi Penerus Android, Sungguhan atau Cuma “Mainan”?

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://tekno.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca