Mozilla Punya Cara Untuk Cegah Pencurian Data Facebook

oleh -209 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

– Tidak ingin data dicuri atau dimata-matai Facebook? Anda dapat beralih dari browser lama dan akan memakai Firefox besutan Mozilla. Pasalnya Firefox kini milik ekstensi yg bisa membatasi Facebook dalam menggali keterangan Anda.

Ekstensi tersebut bernama Facebook Container. Perangkat lunak tambahan ini bisa mengisolasi keterangan pribadi Anda dalam sebuah “wadah” khusus berupa tab baru. Nah, tab ini kemudian mulai mencegah dan melindungi keterangan pengguna agar pihak luar tak mengambil data tersebut.

Cara kerja ekstensi ini adalah, Facebook Container mulai membatasi akses menuju keterangan Facebook Anda. Misalnya Anda tengah memainkan sebuah game pada halaman Facebook di browser. Ketika Anda mengklik tautan tersebut, maka mulai terbuka tab isolasi baru.

Sedangkan untuk Anda yg ingin membagikan satu dari Facebook di situs lain, maka Firefox juga mulai membukanya dalam sebuah tab berwarna biru.

Analogi dari cara kerja ekstensi ini adalah, data punya Anda mulai dipindahkan pada sebuah “wadah/container” terpisah. Dengan begitu data serta keterangan diri Anda mulai sulit dijangkau oleh penyedia aplikasi pihak ketiga yg ingin memata-matai.

“Ekstensi ini menolong mengontrol lebih banyak aktivitas web dari Facebook dengan mengisolasi identitas ini pada sebuah tempat terpisah,” sebagaimana diungkapkan Mozilla lewat blog resminya yg dikutip Tekno, Sabtu (31/3/2018).

Meski sudah menginstal ekstensi ini bukan berarti Anda mulai aman sepenuhnya. Namun, setidaknya Facebook Container ini mulai mengurangi risiko pencurian data seperti perkara Cambridge Analytics yg baru-baru ini terjadi.

Bagi Anda yg ingin menginstal esktensi tersebut caranya cukup mudah. Anda tinggal masuk ke halaman ini melalui peramban Mozilla. Kemudian Anda tinggal menekan tombol “Add to Firefox” maka secara otomatis ekstensi ini mulai terpasang.

Jika Anda menginstal ekstensi ini dalam keadaan sedang beraktivitas di Facebook, maka secara otomatis Mozilla mulai menghapus segala cookies kemudian mengeluarkan Anda dari halaman Facebook. Setelah itu Anda tinggal masuk kembali melalui tab baru.

Jika proses instalasi ekstensi ini sukses, saat Anda membuka halaman Facebook pada tab tersebut mulai berubah menjadi warna biru pada bagian bawahnya. Ini yaitu salah sesuatu upaya Mozilla bagi mencegah pihak ketiga menyedot data para pengguna browsernya.

Terkait perkara kebocoran data pengguna Facebook lalu, Mozilla memang boleh dibilang sebagai salah sesuatu pihak yg sangat keras bersikap. Bahkan Mozilla mulai akan menarik semua iklannya dari Facebook.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112'); });

Sumber: http://tekno.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca