Mengenal George Peabody Yang Jadi Google Doodle Hari Ini

oleh -141 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Laman penting Google hari ini, Jumat (16/3/2018) menampilkan doodle tentang George Peabody yg dikenal senagai “bapak filantropi” modern.

Lahir pada 1795 di Massachusetts, Amerika Serikat, George Peabody sempat hidup dalam kemiskinan saat ekonomi keluarganya terpuruk dalam Perang Saudara di AS.

Lantaran tidak dapat bersekolah sejak berumur 11 tahun, George Peabody menetapkan hengkang ke New York buat bekerja di sebuah toko dan belajar secara mandiri.

George Peabody banyak menghabiskan waktu bagi membaca buku di perpustakaan Y.M.C.A yg kemudian disebutnya sebagai “alma mater”. Tak lama kemudian, Peabody berhasil meraih sukses di bidang bisnis dan keuangan dengan bergabung di sebuah firma investasi.

Baca juga: Berkenalan dengan Tukang Gambar Google Doodle

Pada 1827, George Peabody mengunjungi London, Inggris, yg yaitu salah sesuatu pusat finansial dunia saat itu, dan akan menyalurkan modal ke Amerika Serikat. Dia juga mendirikan bank yg kelak menjadi salah sau institusi keuangan besar di AS.

Kendati berhasil mengubah nasib menjadi kaya raya, George Peabody tidak pernah melupakan masa lalunya yg dihabiskan dalam kemiskinan.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-605665684349116116-411’); });

Itulah sebabnya Peabody turut menyibukkan diri dengan kegiatan sosial, dengan fokus khusus buat memajukan pendidikan di daerah selatan Amerika Serikat.

Pada 16 Maret 1867, George Peabody dianugerahi penghargaan Congressional Gold Medal oleh pemerintah AS, setelah menyumbangkan uang senilai 2 juta dollar AS bagi keperluan pendidikan.

Jumlah tersebut setara dengan 36 juta dollar AS dalam nilai ketika ini, atau hampir Rp 500 miliar. George Peabody pun diabadikan sebagai nama sekolah dan penghargaan Peabody Award, sebuah penghargaan atas pencapaian institusi media dalam hal storytelling.

Sukarelawan dari sekolah dasar George Peabody di San Francisco itulah yg mengerjakan mural bagi dijadikan doodle hari ini, sebagaimana dirangkum Tekno dari informasi di laman Google.

Mural yg sama menghiasi dinding kafetaria di sekolah tersebut. Proses pengerjaannya mampu dilihat dalam video timelapse di tautan berikut.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://tekno.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca