Layanan Streaming Video Paling Diminati Pengguna Internet XL

oleh -128 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

BINTAN, – Layanan data dan internet kini semakin diminati ketimbang telepon atau SMS. Bahkan dari total keseluruhan, sebanyak 73 persen pelanggan operator seluler XL Axiata adalah pengguna layanan data.

Tren inilah yg diklaim membuat pertumbuhan distribusi trafik layanan data XL Axiata meningkat 8 persen dari tahun 2017 pada periode yg sama.

Menurut Direktur Teknologi Xl Axiata Yessie D. Yosetya, layanan internet punya XL ternyata paling banyak digunakan buat video streaming oleh para pengguna. Bahkan angka penggunaannya mencapai hampir setengahnya dari total keseluruhan.

“Pertumbuhan trafik data XL yg cukup signifikan didorong oleh dominannya akses pelanggan pada layanan streaming, terutama video yg mencapai 48 persen dari trafik data,” papar Yessie dalam acara media gathering di Bintan, Kepulauan Riau, Kamis (26/4/2018).

Ia menambahkan hal ini telah diprediksi sejak dua tahun sebelumnya. Melihat dari perkembangan internet yg semakin cepat, bisa diterka bahwa layanan video mulai mendominasi akses data ke depannya.

Kemudian dari tren inilah XL juga menentukan strategi serta langkah bisnis ke depannya. Menurut Yessie, layanan video streaming mampu dijadikan sebuah tolok ukur buat kualitas jaringan internet.

Jika akses ke video streaming memuaskan, akses ke macam layanan data lainnya juga mulai memuaskan. Pasalnya video streaming adalah layanan yg paling membutuhkan kualitas jaringan terbaik.

“Perluasan dan peningkatan kualitas data harus kalian lakukan karena selain kebutuhan masyarakat atas akses data yg selalu meningkat juga banyaknya permintaan dari pelanggan di daerah-daerah baru, terutama di luar Jawa,” lanjutnya.

Baca juga : Layanan Music Streaming Sumbang 43 Persen Pendapatan Industri Musik

Tak cuma pada hari-hari biasa. Tren ini juga selalu terbawa ketika periode bulan Ramadan hingga lebaran. Penggunaan layanan streaming masih sangat dominan bahkan mengalahkan penggunaan media sosial.

Karena itu pula menurut Yessie, sejak tiga tahun dahulu XL akan membangun jaringan data agar kualitas akses ke layanan data, terutama video dapat memuaskan pelanggan.

Setelah video streaming, layanan data berikutnya yg paling besar trafiknya adalah web browsing dan media sosial, masing-masing trafiknya mencapai 16 persen dan 14 persen. 

Yessie menambahkan, peningkatan permintaan ini kelihatan dari selalu meningkatnya trafik data, di mana hingga akhir 2017 dahulu trafik data mencapai 1.280 Terabyte (TB) atau tumbuh hingga sekitar 10 kali lipat seandainya dibandingkan dengan tahun 2014.

Hingga akhir 2018 nanti, diperkirakan trafik mulai selalu tumbuh hingga mencapai lebih dari 3.000 TB.

Sumber: http://tekno.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca