Daftar OS Android Yang Populer Saat Ini

oleh -78 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

– Google baru-baru ini merilis data jumlah distribusi sistem operasi Android, periode hingga April 2018. Dari data tersebut, diketahui Android Nougat masih sangat dominan di pasar.

Android Nougat yg dirilis pada 2016 dahulu memiliki distribusi terbesar, yakni 30,8 persen. Angka ini berasal dari beberapa versi Android Nougat, merupakan 7.0 yg memiliki distribusi 23 persen dan 7.1 dengan distribusi 7,8 persen.

Kendati masih memiliki angka yg dominan, perkembangan sistem operasi versi Nougat ini cenderung melamban atau bahkan stagnan.

Dikutip Tekno dari Neowin, Kamis (19/4/2018), pertumbuhan distribusi Android Nougat cuma sekitar 0,7 persen buat versi 7.0, dan 1,6 persen bagi versi 7.1 dari bulan sebelumnya.

Baca juga: Banyak Vendor Android yg Bohong soal Update Keamanan

Kendati telah berusia beberapa tahun, Android versi ini diklaim masih memiliki cukup banyak pengguna, karena sistem operasi versi ini lebih ringan dari versi-versi sebelumnya.

Tabel distribusi versi OS Android.Google Tabel distribusi versi OS Android.

Perkembangan yg cukup lamban juga dialami oleh Android 8.0 Oreo yg cuma tumbuh 3,3 persen dari beberapa bulan sebelumnya. Apalagi seandainya melihat Android Oreo ini telah diluncurkan sekitar delapan bulan lalu.

Baca juga: Keuntungan iPhone X Jauh Lampaui Vendor Android

Meski pada April ini distribusi Oreo masih terpaut jauh dari Nougat, yakni cuma sekitar 4,6 persen, Android Oreo diyakini mulai selalu berkembang lebih cepat dari varian lainnya.

Pasalnya, Oreo memiliki dua peningkatan baik minor dan mayor dari versi Nougat. Salah satunya adalah manajemen daya baterai yg membuat perangkat Oreo lebih irit daya dibanding Nougat.

Android lawas akan ditinggalkan

Data tersebut juga memamerkan masih cukup banyak pengguna Android Marshmallow dan Lollipop. Android Marshmallow masih memiliki distribusi sebesar 26 persen dan Lollipop sekitar 22,9 persen.

Dari data yg dirilis tersebut juga kelihatan sejumlah Android yg cukup lawas perlahan akan ditinggalkan. Seperti misalnya Jelly Bean yg memiliki distribusi 4,5 persen Ice Cream Sandwich dengan distribusi 0,4 persen dan Gingerbread 0,3 persen.

Google merilis data ini dengan tujuan menolong para pengembang aplikasi menetapkan versi Android mana yg layak buat dijadikan patokan.

Temuan ini juga menyediakan data tentang jumlah perangkat, serta mengidentifikasi ukuran layar perangkat yg masih banyak digunakan. 

Data ini kemudian diharapkan bisa menolong para pengembang buat juga mendesain tampilan antarmuka yg lebih baik bagi konfigurasi layar yg berbeda. 

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112'); });

Sumber: http://tekno.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca