Cara XL Antisipasi Lonjakan “Traffic” Selama Mudik Lebaran

oleh -154 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

BINTAN, – Mudik lebaran terus menjadi momen di mana terjadi lonjakan traffic pengguna seluler. Lonjakan itu terjadi baik pada layanan data, telepon, maupun SMS.

Bagi operator seluler, periode Ramadan hingga mudik lebaran ini ibarat jadi ujian bagi kualitas jaringan masing-masing operator. Pasalnya jumlah pengguna pada momen ini dapat naik berkali-kali lipat dari hari biasa.

XL pun tampaknya tidak ingin kecolongan menghadapi momen Ramadan dan lebaran ini. Operator seluler ini sudah memperkirakan serta mengantisipasi dua titik yg diprediksi bakal terjadi lonjakan traffic.

Menurut Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya  perusahaan sudah memprediksi bahwa layanan data dan internet akann kembali mendominasi kenaikan trafik sepanjang Ramadan hingga libur lebaran.

Oleh karena itu XL sudah memetakan dua titik yg krusial, seperti jalur tol Jakarta-Surabaya yg baru saja diresmikan, jalur pantai utara serta jalur pantai selatan pulau Jawa.

“Untuk keperluan mengamankan momen tahunan tersebut, kita bahkan telah meningkatkan kapasitas baik di jaringan core, Transmisi, juga kapasitas radio di jalur mudik,” ungkap Yessie dalam acara media gathering di Bintan, Kepulauan Riau, Kamis (26/4/2018).

Ia menambahkan sebagai langkah persiapan, XL sudah menerapkan sejumlah teknologi yg memungkinkan peningkatan kualitas layanan, seperti Network Function Virtualization Core, Spektrum Wideband 4G dan teknologi 4.5G yg terdiri dari LAA Spectral Efficiency, Carrier Aggregation 256 QAM, serta 4T4R 4×4 MIMO.

“Dengan kualitas dan cakupan jaringan data yg ada ketika ini, kalian pun bersiap menghadapi kemungkinan lonjakan traffic selama Ramadan dan liburan panjang Lebaran nanti,” tambah Yessie.

Berdasarkan data internal perusahaan, diketahui pada periode Ramadan – lebaran tahun 2017 lalu, total lalulintas data mencapai 3.700 TB, sementara itu lalulintas di hari biasa 2018 sudah mencapai 6.055 TB.

Untuk trafik data Ramadan dan Lebaran 2018 nanti, diprediksi mulai meningkat sebesar 20-30 persen. Beberapa faktor juga dikatakan mempengaruhi selalu meningkatnya trafik data ini dari tahun ke tahun.

XL pun sesumbar jaringan LTE-nya bakal stabil dan terjaga padaa periode Ramadan hingga mudik lebaran nanti. Pasalnya operator seluler ini menambahkan kapasitas transmisi upstream internet hingga 3 kali kipat dari 2017 lalu.

Untuk ruas tol Jakarta – Surabaya, XL mengklaim jaringannya sudah mencakup 97,97 persen dan cuma ada sedikit blank spot. Untuk jalur pantai utara, XL mengklaim telah mengkover setidaknya 95 persen area dan jalur santai Selatan daerah yg sudah terkover diklaim mencapai 90 persen.

Kendati demikian XL tetap menempatkan mobile-BTS di sejumlah titik jalur mudik lebaran bagi tidak mengurangi kekuatan jaringan.

Pada 2017 lalu, XL menempatkan sebanyak 29 mobile-BTS di dua titik di Pulau Jawa. Sedangkan tahun ini ada sekitar 49 mobile-BTS yg ditempatkan dengan jumlah paling banyak berada di wilayah Jawa Tengah.

Baca juga : Cara Registrasi dan Daftar Ulang Kartu Prabayar XL dan Axis

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112'); });

Sumber: http://tekno.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca