15 Video “Virtual Reality” YouTube Pilihan 2018

oleh -62 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

– Pertumbuhan virtual reality ( VR) menunjukan adanya peningkatan meskipun sempat mengalami penurunan pengapalan perangkat.

Kemunculan dua perangkat seperti Lenovo Mirage Solo, Oculus Go, dan Xiaomi Mi VR yg mampu digunakan tanpa membutuhkan PC, turut menyumbang peningkatan VR mobile sebesar 417,7 persen penjualan selama kuartal-II 2018.

Semakin meningkatnya pasar VR, semakin banyak pula video VR, baik video berformat 360 derajat atau VR180. Beda keduanya adalah jangkauan pandang.

Dengan video 360 derajat, pengguna mampu melihat video VR secara penuh degan memutar sejauh 360 derajat, sementara VR180 cuma mampu berputar setengahnya saja.

Berikut jajaran 15 video VR YouTube populer sepanjang 2018, dilansir Tekno dari Forbes, Minggu (30/12/2018).

Sebelum menonton video berikut, jangan lupa memasang perangkat VR buat mendapat kesan video lebih hidup.

1. Victoria Falls, The Pearl of Africa (Video 360)

Dalam video berdurasi empat menit 13 detik ini, pengguna mulai diajak jalan-jalan menyusuri salah sesuatu air terjun paling spektakuler di dunia yakni air terjun Victoria.

Untuk mendapatkan pemandangan senyata mungkin, kreator video harus mengelilingi di selama 24 jam memakai pesawat bagi mengambil gambar air terjun yg berada di Livingstone ini.

Meski memakai bantuan teknologi, namun pengguna juga mulai dapat menikmati suguhan alam Victoria Falls, lengkap dengan hiasan pelanginya.

2. VOLTA Hair Suspension, Immercirque Eps 2: Cirque du Soleil Artist Danila Bim (VR180)

Di video ini, pengguna diajak buat melihat bagaimana persiapan salah sesuatu kelompok akrobatik terkenal di dunia yg kerap mempertontonkan aksi ekstrem. Salah satunya adalah aksi “Hair Suspension” atau suspensi rambut yg dikerjakan oleh salah sesuatu penarinya, Danila Blim.

Disebut demikian, karena sang penari mulai ditarik ke atas dengan tali yg terkait ke ikatan rambutnya dengan sebuah trik khusus.

Selama lima menit 15 detik, pengguna mulai melihat bagaimana persiapan Danila, akan dari latihan, makeup, kostum, dan mengintip bagaimana hair suspension dilakukan.

3. Wild with: Bears (Video 360)

Sesuai judulnya, video ini mulai mengajak pengguna VR buat lebih dekat dengan beruang cokelat Kodiak di habitatnya secara langsung.

Mengingat sulit melakukannya di dunia nyata, video ini dapat menjadi alternatif bagi lebih dekat dengan beruang Kodiak, termasuk mendengar deramannya.

4. Elton John – Farewell Yellow Brick Road Tour: The Launch (VR180)

Video ini yaitu hasil kolaborasi antara YouTube dan Elton John ketika pengumuman tur terakhir penyanyi yang berasal Inggris ini berjudul “Farewell Yellow Brick Road”.

Di awal video berdurasi 26 menit 20 detik ini, pengguna VR mulai menikmati efek visual bernuansa galaksi yg menarik dengan sambil mendengarkan lagu-lagu populer Elton John. Ada pula obrolan Elton dengan salah sesuatu jurnalis Anderson Cooper di akhir video.

Baca juga: Google Siapkan Sepatu Bermotor dengan Teknologi VR

5. Isle of Dogs, Behind The Scene in Virtual Reality (Video 360)

Setelah sukses mencuri perhatian penonton dengan film animasi “Isle of Dogs”, sutradara Wes Anderson membuat video di balik layar.

Namun bukan seperti video di balik layar pada umumya yg lebih banyak menceritakan teknis pembuatan film. Di video berdurasi lima menit 21 detik ini dibuat dalam animasi dengan para karakter anjing fiktif dalam film yg kebih banyak menceritakan pesan film ini.

6. The Female Planet : Episode 3 (Video 360)

Video ini yaitu salah sesuatu serial VR berjudul “The Female Planet”. Serial ini bercerita tentang para perempuan yg bekerja sebagai teknisi. Dalam video ini, penonton mulai diajak lebih dekat dengan salah sesuatu teknisi Boeing perempuan yg bekerja di NASA bernama Tiera Fletcher.

Ia merancang roket yg mulai membawa manusia ke bulan dan Mars. Fletcher mulai berkisah tentang karirnya sembari menjelaskan proyek yg ia kerjakan.

7. Google Doodles/Spotlight Stories: Back to the Moon (Video 360)

Google Spotlight Stories yaitu kanal khusus yg menampilkan video narasi yg khusus dirancang bagi teknologi VR.

Salah sesuatu episode nya adalah berkolaborasi dengan proyek Google Doodles, Google Arts & Cultures, dan Cinémathèque Française yg diproduksi oleh Nexus Studio.

Proyek ini mendapat apresiasi dengan masuk dalam nominasi “Outstanding Original Interactive Program” bagi animasi novel ikonis artis.

8. The Joe Embiid (Video 360)

Selama beberapa menit 17 detik, penonton mulai melihat aksi salah sesuatu pemain basket NBA All Star, Joel Embiid secara lebih dekat. Beberapa aksi yg dikerjakan antara yang lain on-on-one matchup dengan para penggemar yg ikut serta dalam video tersebut.

9. Escape the Night Season 3 | Welcome to Everlock (VR180)

“Escape the Night” yaitu serial orisinil YouTube Premium yg berlatar waktu tahun 1970. Dalam video edisi VR180 ini, penonton mulai melihat Kota Everlock – kota fiktif dalam serial ini –  yg menyeramkan dengan momen “freeze” di dalam sebuah area pertunjukan.

Baca juga: Headset VR Oculus Quest Meluncur, Bisa Dipakai Nge-game Tanpa PC

10. Free Solo National Geographic (Video 360)

Salah sesuatu manfaat teknologi VR adalah memungkinkan penggunanya merasakan atmosfer suatu tempat, tanpa harus ke lokasi secara langsung. Apalagi seandainya tempat tersebut jauh dan perlu keahlian khusus bagi mencapainya, seperti memanjat tebing atau melihat air terjun.

Inilah yg ditawarkan video “Free Solo” dari National Geographic yg mengajak penonton ikut merasakan bagaimana memanjat tebing El Capitan di Taman Nasional Yosemite, California seorang diri.

11. Africa Pristine Delta Eps 1: The Okavango Experience (video 360)

Masih dari video alam produksi National Geographic. Dipandu Dr. Steve Boyes dan timnya, penonton mulai “ikut” berpetualang di padang rumput Okavango yg terletak di Republik Botswana.

Penonton mulai melihat lebih dekat dengan satwa liar seperti singa, zebra, gajah, dan satwa khas benua Afrika lainnya segera dari habitatnya.

12. Lines of Sight – A Guide Virtual Realit Experience (360)

Ingin merasakan bagaimana bermain ski? Tidak harus pergi ke pegunungan es atau menunggu salju turun. Dalam video ini, pengguna VR mulai merasakan sensasi bermain ski yg ditunjang dengan format video 3D.

13. Do Not Touch (video 360)

Video VR ini cukup unik. Pasalnya, kreator memakai teknologi AI yg mampu membawa penonton seolah-olah masuk ke dunia lukisan dan format video 3D. Bercerita tentang seorang pengunjung jahil yg sengaja menyentuh lukisan-lukisan di dinding museum.

Padahal terdapat larangan “Do Not Touch” atau “Dilarang Menyentuh (lukisan)” yg umum terpasang di area seni. Menghindari kejaran petugas, si pengunjung pun masuk ke dalam sebuah lukisan dan berlari dari sesuatu lukisan ke lukisan yg lain.

14. Nightflyers VR

“Nightflyers” yaitu salah sesuatu serial TV yg tayang di Netflix, berkisah tentang para ilmuan yg membawa misi ekspedisi buat melakukan kontak pertama dengan kehidupan alien.

Dalam edisi khusus VR, penonton mulai disuguhkan pemandangan kapal ruang angkasa dan mengungkap rahasia kapal kargo misterius tersebut.

Baca juga: Mozilla Luncurkan Firefox Reality, Browser Khusus Konten VR

15. Jeep Sessions: A Surfing Journey (360)

Seperti dikatakan sebelumnya, salah sesuatu keunggulan VR adalah tidak cuma menonton namun juga merasakan sensasinya melalui video, tanpa harus melakukannya secara langsung. Selain memanjat tebing, ski, atau bercengkrama dengan satwa liar di hutan, penonton juga dapat merasakan sensasi bermain selancar (surfing) tanpa harus mampu melakukannya.

Dalam video ini, peselancar dunia Jordy Smith dan Malia Manuel menunjukan bagaimana rasanya berselancar, berdiri di atas ombak melalui teknologi VR.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://tekno.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca