Xiaomi Pamer Sensor Sidik Jari Layar Lebih Canggih

oleh -41 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Beijing – Sistem keamanan berupa pemindai sidik jari dalam layar atau in-display fingerprint, kini akan diterapkan oleh banyak produsen smartphone ke produk-produk mereka.

Beberapa produsen bahkan selalu mengembangkan sistem keamanan ini dengan teknologi lebih canggih buat bersaing dengan para kompetitor. Salah satunya adalah Xiaomi.

Baru-baru ini, Co-founder yg juga President Xiaomi Lin Bin mengunggah prototipe sensor pemindai sidik jari dalam layar yg ia sebut sebagai ‘next-generation’ di akun medsia sosial Weibo miliknya.

Tidak banyak detail keterangan yg diungkap Lin Bin dalam unggahan tersebut. Namun, ia menyampaikan bahwa sensor ini mulai menuntaskan beberapa masalah yg menjadi persoalan dalam implementasi teknologi in-display fingerprint.

Masalah pertama adalah ketidakmampuan on-tap unlocking yg mengharuskan layar smartphone untuk menyala terlebih dahulu, baru kemudian dapat memindai sidik jari.

Nantinya, sensor pemindai sidik jari dalam layar dan software yang digunakan, mulai memungkinkan pengguna bagi memilih opsi ‘one-tap’, sehingga mereka mampu segera masuk ke perangkat dengan segera menempelkan jari ke layar tanpa harus menghidupkan layar smartphone terlebih dulu.

Masalah kedua adalah area sensor yg terbatas buat memindai sidik jari. Selama ini, smartphone hanya menempatkan sebagian kecil area di layar bagi menempatkan sensor pemindai sidik jari.

Adapun persoalan kecil yang lain yg muncul adalah penanda letak sensor pemindai sidik jari itu tak jelas, sehingga tidak jarang membingungkan pengguna.

Menurut Lin Bin, sensor baru yg sedang dikembangkan oleh Xiaomi mulai meningkatkan area aktif sensor seluas 25mm x 50,2mm, alias hampir sebesar layar smartphone.

Sayangnya, dia belum menyebutkan kapan sensor sidik jari dalam layar yg lebih canggih ini mulai diterapkan ke dalam produk-produk smartphone besutan Xiaomi. Meski banyak yg berharap teknologi ini dapat diadopsi oleh flagship Xiaomi berikutnya, yakni Mi 9.

Penasaran seperti apa cara kerja sensor ini? Anda dapat saksikan segera di video berikut:

Sumber: http://teknologi.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca