Samsung Pimpin Pasar Smartphone 5G

oleh -36 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

London – Meski belum merata di segala dunia, jaringan 5G akan mendapat perhatian dari pelaku industri teknologi. Para vendor smartphone pun kini tengah berlomba mengadopsi teknologi tersebut.

Pada tahun ini, smartphone dengan kemampuan jaringan 5G pun akan berdatangan. Vendor yang berasal Korea Selatan, Samsung, menjadi pemimpin di pasar smartphone 5G ini.

Hal tersebut diketahui dari hasil laporan terbaru dari lembaga riset pasar IHS Markit. Menurut laporan tersebut, Samsung memimpin dengan jumlah pengapalan 3,2 juta unit smartphone 5G di kuartal tiga (Q3) 2019.

Selama Q3 2019 ada sebanyak 4,3 juta smartphone 5G yg didistribusikan oleh para vendor ponsel pintar. Angka pengapalan ini meningkat lebih dari 100 persen dari kuartal sebelumnya.

Menurut Direktur Riset dan Analis Smartphone di IHS Markit, Jusy Hong, Samsung dapat menempati peringkat pertama karena mengintegrasikan konektivitas 5G dalam berbagai perangkat, akan dari Galaxy A90 hingga Galaxy Fold.

Secara keseluruhan sampai akhir tahun ini IHS Markit menyebut Samsung memiliki setidaknya lima perangkat 5G.

“Kombinasi Galaxy Fold dari teknologi dengan tampilan baru dan konektivitas 5G menjadi titik terang bagi mengubah pengalaman pengguna perangkat seluler,” kata Jusy Hong.

Dari laporan tersebut, Samsung diketahui menguasai jumlah pengapalan di pasar smartphone 5G dengan persentase sebesar 74 persen.

Di belakang Samsung, ada LG yg menduduki peringkat ke dua. Meski berbeda sesuatu peringkat, namun jumlah pangsa pasar LG terpaut sangat jauh dari Samsung.

LG memiliki pangsa sebesar 10 persen dengan jumlah pengapalan 400.000 perangkat selama Q3 2019.

Sama-sama berasal dari Korea Selatan, kedua vendor ini mengambil keuntungan dari pemanfaatan jaringan 5G yg telah lebih dahulu diadopsi oleh Negeri Ginseng tersebut.

Adapun sisanya, vendor smartphone asal China seperti Huawei, OPPO, Vivo, hingga Xiaomi membuntuti Samsung dan LG.

Berbeda dengan Samsung dan LG yg memiliki pangsa dengan jumlah beberapa digit, keempat vendor yang berasal China itu memiliki persentase pangsa pasar cuma sesuatu digit.

Vivo memiliki persentase sebanyak 9 persen, Huawei sebanyak 3 persen, OPPO sebanyak 3 persen, dan Xiaomi sebanyak 2 persen.
Sumber: http://teknologi.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca