Google Rilis Android Q Beta 1, Sudah Bisa Dicoba

oleh -47 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

San Francisco – Google dilaporkan sudah merilis sistem operasi Android Q versi Beta 1 yg telah dapat dicoba di sejumlah smartphone.

Sistem operasi ini dapat dijajal di smartphone Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, Pixel 3 XL, dan Android Emulator.

Ini menjadi tahun keempat di mana Google merilis versi pratinjau buat para pengembang. Namun, pratinjau pertama Android Q kali ini sedikit berbeda, yakni bisa diunduh melalui Over the Air (OTA).

Versi pratinjau dari Android sebelumnya cuma bisa diunduh dan diinstal melalui cara manual. Pasalnya sistem operasi versi Beta ini memang cuma ditujukan bagi para pengembang.

Dalam Android Q versi Beta 1 ini, Google membawa dua pembaruan fitur agar pengguna memiliki kontrol lebih luas pada perangkat yg digunakannya.

Seperti contohnya fitur Device Location bagi mengontrol akses aplikasi pada lokasi perangkat. Atau fitur Scoped Storage yg mampu digunakan bagi mengatur akses aplikasi pada dokumen-dokumen yg ada di dalam perangkat.

Android Q versi Beta 1 juga dirancang bagi mampu digunakan pada perangkat Android dengan layar yg mampu dilipat. Nantinya, Android Q bisa dimaksimalkan buat perangkat dengan layar yg lebih luas.

Mengutip Venture Beat, Android Q versi Beta 1 mulai tersedia hingga April mendatang. Setelah itu sesuai jadwal, Google mulai merilis versi Beta 2 hingga Beta 6 setiap bulan.

Google biasanya memperkenalkan Android versi terbarunya dalam gelaran Google I/O setiap pertengahan tahun. Kemudian sistem operasi anyar tersebut mulai dirilis pada kuartal ketiga (Q3) di tahun tersebut.

Untuk coba sistem operasi ini, Anda dapat mengunduhnya melalui tautan berikut.
Sumber: http://teknologi.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca