Google Hapus 29 Aplikasi Foto Palsu Di Play Store

oleh -90 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

San Francisco – Berdasarkan temuan dari perusahaan keamanan anti virus Trend Micro, setidaknya ada 29 aplikasi ‘kamera cantik’ yg ditarik peredarannya di Google Play Store akibat mengandung malware dan phising.

Sebagai contoh yg terjadi pada dua aplikasi ‘kamera cantik’ tersebut bisa memberikan iklan secara fullscreen di layar smartphone penggunanya, tak jarang juga yg mengarahkan pengguna bagi melakukan klik terhadap iklan yg nantinya malah diarahkan ke video porno.

Yang lebih berbahaya, dua aplikasi ini juga bisa mengambil data dan identitas para penggunanya.

Mengutip Mashable, aplikasi mulai mengambil foto pengguna saat digunakan yg kemungkinan besar mampu digunakan oleh developer yg tak bertanggung jawab bagi dipakai di media sosial palsu pada nantinya.

Lebih menyebalkan, aplikasi ini sengaja menyembunyikan opsi uninstall aplikasi mereka di smartphone sehingga mulai merepotkan pengguna yg telah menjadi korban malware tersebut.

Setidaknya, Google telah menarik segala aplikasi ‘kamera cantik’ palsu tersebut bagi ketika ini.

Trend Micro sendiri pun menyarankan agar para pengguna lebih waspada saat menginstalasi aplikasi baru di smartphone mereka, cek terlebih dulu riwayat aplikasi tersebut sebelum menetapkan buat melakukan instalasi.

Sumber: http://teknologi.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca