Bos Samsung Optimistis Smartphone Layar Lipat

oleh -68 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Seoul – Perolehan keuntungan Samsung dilaporkan akan mengalami penurunan. Sejumlah pihak meyakini hal ini disebabkan karena inovasi di smartphone yang juga menurun secara signifikan.

Senior Vice President Samsung Hark-sang Kim mengunggah sebuah tulisan panjang yg menyatakan kepercayaannya bahwa hal berbeda tengah terjadi ketika ini.

Menurut dia, teknologi baru seperti 5G, kecerdasan buatan (AI), Augmented Reality (AR) mulai menjadikan smartphone sebagai bagian lebih utama dalam kehidupan sehari-hari pengguna.

Kim menyebut, ketiga teknologi ini bisa dimanfaatkan dari perangkat berlayar lebih besar, yg menimbulkan dilema di kalangan produsen smartphone untuk menjadikan layar berukuran lebih besar, namun tetap menjaga portabilitas smartphone.

Pernyataan Kim ini mengindikasikan keyakinan Samsung bahwa layar lipat menjadi jawaban dari dilema produsen smartphone ini. Selain itu, hal itersebut turut mengindikasikan arah yg menjadi fokus Samsung pada dua tahun ini.

Versi awal layar lipat pertama kali didemokan pada ajang CES 2011, dan Samsung membutuhkan waktu selama tujuh tahun bagi mencapai titik yg didudukinya ketika ini. Smartphone layar lipat dinilai harus mengalami pengulangan proses perancangan dari awal.

Bahan baru juga disebut Kim harus dikembangkan bagi bisa menciptakan layar yg mampu bertahan setelah mengalami proses lipat sebanyak ratusan ribu kali. Desain tradisional dari komponen internal juga disebut harus dikembangkan dari awal.

Samsung mengubah penempatan baterai, sistem pendingin dan kamera bagi menjaga perangkat smartphone tetap berdimensi ramping. Bahkan software juga harus mengalami perubahan sebab aplikasi smartphone tidak dirancang buat menyesuaikan diri secara otomatis dari layar kecil ke layar besar.

Kim meyakini bahwa layar lipat Samsung ini mulai membuka peluang baru buat inovasi smartphone. Dia juga memprediksi pergeseran besar pada desain smartphone yang tak sekadar lipat, tetapi juga berdesain gulung dan berkemampuan merenggang.

Sumber: http://teknologi.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca