Android 10 Mulai Disebar Hari Ini

oleh -81 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

– Google hari ini resmi akan menggelontorkan sistem operasi terbaru Android 10 atau yg mulanya dikenal sebagai Android Q. Sistem operasi ini sebelumnya telah diperkenalkan dalam gelaran Google I/O dua bulan lalu.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ponsel pertama yg berhak mencicipi sistem operasi Android 10 ini adalah keluarga ponsel Pixel punya Google. Android 10 hadir buat Pixel generasi pertama hingga yg paling baru.

Artinya, ponsel yg mendapatkan update OS ini adalah jajaran smartphone seri Pixel, akan dari Pixel 2/2 XL, 3/3 XL, dan 3a/3a XL.

Baca juga: 11 Ponsel Xiaomi yg Pertama Kebagian Android Q

Ini menjadi, menarik lantaran pembaruan perangkat lunak biasanya cuma dijamin 2 tahun, sementara ponsel Pixel generasi pertama sendiri telah dirilis sejak 3 tahun lalu.

Namun ternyata tidak cuma keluarga smartphone Google Pixel saja yg mampu mencicipi sistem operasi Android 10 ini.

Ponsel besutan “Bapak Android” Andy Rubin, yakni Essential Phone juga kebagian pembaruan Android 10 lebih awal. Kendati demikian, cuma Essential Phone model tertentu saja yg mendapat pembaruan tersebut.

Pembaruan sistem operasi ini bisa dikerjakan secara OTA (Over The Air) melalui opsi “system update” yg tersedia pada menu pengaturan masing-masing smartphone.

Namun perlu diingat, ketika melakukan update, ada baiknya memakai koneksi WiFi yg stabil dan baterai ponsel yg terisi penuh.

Baca juga: Kisah Android, dari OS Kamera hingga Logo yg Terinspirasi Toilet

Dikutip Tekno dari Phone Arena, Rabu (4/9/2019), Android 10 membawa sejumlah peningkatan dan fitur baru, di antaranya adalah dark theme atau mode gelap, navigasi berbasis gestur, fitur tambahan buat melindungi privasi dan lokasi, serta “quick actions” bagi membalas pesan dan notifikasi.

Untuk diketahui, Android 10 sendiri yaitu OS Android pertama yg diberi nama tanpa embel-embel makanan manis/kue. Angka 10 merujuk pada usia Android tahun ini yg menginjak sesuatu dekade.

Selain perubahan nama, Google juga melakukan penyegaran terhadap logo Android. Jika selama ini “bugdroid” atau robot Android hijau terus menampilkan sesuatu badan yg utuh, Google kini cuma menampilkan bagian kepalanya saja.

Sumber: http://tekno.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca

No More Posts Available.

No more pages to load.