Gempa Bumi 8,2 Magnitudo Guncang Semenanjung Alaska

oleh
Gempa Bumi 8,2 Magnitudo Guncang Semenanjung Alaska
Cloud Hosting Indonesia
ALASKA – Gempa bumi besar berkekuatan 8,2 magnitudo mengguncang wilayah semenanjung Alaska pada hari Rabu (28/7/2021) malam waktu setempat.

Gempa tersebut sempat menimbulkan suara sirine peringatan tsunami di pulau Kodiak. Survei geologi Amerika Serikat atau United States Geological Survey (USGS) menyatakan, pusat gempa berada di 91 kilometer tenggara Desa Perryville.

Gempa ini disebut sebagai yang terbesar, yang pernah terjadi Amerika Serikat dalam setengah abad terakhir.

Gempa menghasilkan banyak guncangan tetapi menghindarkan Alaska setiap kerusakan besar di wilayah yang jarang penduduknya, kata pejabat berwenang kepada kantor berita APTN pada hari Kamis (29/7/2021).

Direktur Keamanan Nasional dan Manajemen Kedaruratan Divisi Alaska, Bryan Fisher, menyebut gempa terjadi di tempat yang sama seperti tahun lalu.

“Kemarin malam, Alaska diguncang gempa terbesar yang terjadi di Amerika Serikat selama 50 tahun terakhir. Terjadi gempa 8,2 magnitudo, luar biasa, luar biasa besar. Pusat gempa 60 mil tenggara semenanjung Alaska, di sebuah desa bernama Perryville. Di lautan, tempat yang sama saat kami diguncang gempa besar satu tahun lalu,” ucap Bryan.

Peringatan tsunami juga sempat dikeluarkan oleh otoritas di Hawaii. Namun tidak lama kemudian, peringatan itu segera dicabut setelah tidak ditemukan adanya ancaman tsunami.

 

Komentar Pembaca

No More Posts Available.

No more pages to load.