Exit Tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap Salah Satunya Dibuat di Cimaragas, Ciamis, Ini Alasannya

oleh -12 views
Cloud Hosting Indonesia

Rencana pembangunan jalan tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap yang semula akan melewati wilayah Ciamis utara (dari Rajapolah-terus ke Cihaurbeuti-Sadananya–Baregbeg), berubah.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya.

Rencana baru, jalur dari Tasikmalaya melintasi wilayah Ciamis Selatan (Cimaragas-Pamarican-Banjarsari terus ke Kalipucang wilayah Pangandaran).

“Itu hasil rapat pematapan rencana pembangunan jalan tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap di Gedung Sate beberapa hari lalu,” kata Herdiat Sunarya, dikutip dari TribunJabar.id, Kamis (3/10/2019) siang.

“Exit tol untuk Ciamis nanti ada di Cimaragas,” lanjutnya.

Bila exit tol di Cimaragas, tentu akan terkoneksi dengan Jalan Lingkar Selatan dan terkoneksi dengan rencana pembangunan jembatan Betman yang menghubungkan Benteng (Ciamis) dan Manonjaya (Tasikmalaya).

Rencana pembangunan Jembatan Betman tersebut dekat dengan genangan Bendungan Leuwikeris yang sedang dibangun, lokasi tersebut juga dekat dengan akses ke Kota Banjar.

Adanya exit tol di Cimaragas tersebut, kata Herdiat, akan memacu Cimaragas dan Jalan Lingkar Selatan sebagai kawasan industri.

Tapi menurut Bupati Herdiat, peluang pertumbuhan ekonomi akan berbeda bila di Cimaragas hanya exit tol dan bukan gerbang utama.

Komentar Pembaca