6 Makanan yang Pantang Dikonsumsi Orang Jepang, Pantas Panjang Umur!

oleh -39 Dilihat
6 Makanan yang Pantang Dikonsumsi Orang Jepang, Pantas Panjang Umur!

Menurut data terbaru yang disajikan oleh WHO pada 2019, seperti yang dikutip dari CNBC Indonesia, Jepang menjadi negara dengan angka harapan hidup tertinggi di dunia, yakni 84,3 tahun.

Hal ini memang tidak mengherankan, mengingat masyarakat Jepang memiliki gaya hidup sehat yang diterapkan sehari-hari, termasuk dalam hal menjaga pola makan. Selain itu, mereka juga menghindari beberapa makanan yang dapat mengganggu kesehatan.

ada beberapa makanan pantangan bagi orang Jepang. Berikut informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Sereal Sarapan Manis

Ilustrasi sereal/Foto: Freepik.com/freepik

Sereal umumnya mengandung gula yang tinggi, sehingga dapat memicu beragam penyakit, terutama diabetes. Karena itu, orang Jepang membiasakan untuk membatasi konsumsi sereal yang mengandung gula atau pemanis tambahan.

Karena terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, hingga kenaikan berat badan.

2. Keju Krim

Ilustrasi keju/Foto: Freepik.com/freepik

Meski keju termasuk bahan makanan yang kaya akan kalsium dan protein, namun tidak semua produk keju dapat memberikan manfaat untuk kesehatan.

Salah satunya adalah keju krim, karena mengandung kolesterol yang tidak baik untuk dikonsumsi. Satu ons keju krim saja bisa mengandung hingga 27 miligram kolesterol.

3. Permen

Ilustrasi permen/Foto: Freepik.com/KamranAydinov

Permen termasuk salah satu camilan yang disukai banyak orang, khususnya anak-anak. Tidak ada salahnya jika suka makan permen, namun keseringan mengonsumsinya dapat menyebabkan kenaikan kadar gula dalam darah.

Apalagi jenis permen yang mengandung pati jagung, yang dapat berdampak pada jantung dan otak.

4. Hamburger

Ilustrasi hamburger/Foto: Freepik.com/stockking

Meski enak dan banyak digemari oleh berbagai negara di seluruh dunia, hamburger termasuk salah satu makanan cepat saji yang dihindari oleh masyarakat Jepang. Hal ini tak lain karena hamburger mengandung garam, lemak trans, dan lemak jenuh tinggi yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah.

5. Hot Dog

Ilustrasi hot dog/Foto: Freepik.com/freepik

Selain hamburger, juga ada hot dog yang merupakan salah satu makanan olahan daging yang juga banyak digemari orang di berbagai dunia. Namun di Jepang, makanan ini dihindari.

Pakar nutrisi Michiko Tomioka, MBA, RDN, mengungkapkan bahwa olahan daging seperti hot dog mengandung lemak jenuh dan garam yang sangat tinggi, yang dapat meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti kanker kolorektal dan payudara.

6. Minuman Bersoda

Ilustrasi minuman bersoda/Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Orang Jepang juga menghindari terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda. Pasalnya, minuman bersoda biasanya mengandung gula atau pemanis buatan yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Selain itu, juga dapat membuatmu sulit untuk fokus dan memicu migrain.

No More Posts Available.

No more pages to load.